Berita • Kegiatan • Madrasah •

MTs Negeri 2 Jakarta Selatan – Sabtu 9 Oktober 2021, menyelenggarakan kegiatan Ta’lim, Sharing dan Parenting yang diikuti oleh dewan guru dan karyawan, pengurus komite, wali murid dan siswa. Hadir sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut Bapak Agus Salim (aktivis Green Parenting) yang menyampaikan materi dengan tema “Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran di Rumah”

Kegiatan tersebut dipandu oleh Ibu Dra.Hj. Herlina, M.Pd. ( Humas MtsN 2 Jakarta) selaku pembawa acara dan moderator. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jakarta Selatan Ibu Dra. Hj. Yeni Triasih, M.Pd., mengatakan bahwa,” Kegiatan Parenting ini terlaksana berkat kerja sama MTsN 2 Jakarta dengan Komite, yang diketuai oleh Bapak Drs.H.Muhamim Salim, dalam rangka mendukung pembelajaran di rumah (BDR). Kegiatan parenting ini akan di agendakan secara berkala setiap bulan. Narasumber bisa dari orang tua dengan materi sesuai profesinya.

Disamping kegiatan parenting, MTsN 2 Jakarta juga memiliki program unggulan Tahfidz Takhassus dalam kesehariannya dan doa bersama yang dilaksanakan rutin setiap akhir bulan dalam rangka berkolaborasi antara guru, karyawan, siswa-siswi serta orangtua wali murid MTs Negeri 2 Jakarta menjadi keluarga besar yang kompak dengan tujuan menghantarkan anak- anak yang soleh dan soleha.

Sedangkan nara sumber dalam paparan materinya menyampaikan bahwa sesungguhnya pendidikan anak itu adalah tanggung jawab orang tua. Tugas orang tua terhadap anaknya adalah menjadi teladan, mendidik, memantau, menasihati, memberi konsekuensi dan memperbaiki kondisi anak.

Dalam pendidikan Islam dikenal luas pernyataan bahwa al-Ummu madrosatul ula : “Ibu adalah sekolah pertama”
Pernyataan tersebut benar adanya, tapi sesungguhnya pernyataan tersebut belum lengkap. Pernyataan lengkapnya adalah:

“Al-Ummu madrosatul Ula wal’abau mudiiruhaa

Artinya : “Ibu adalah sekolah pertama dan ayah adalah kepala sekolahnya”.

Mendidik anak perlu keterlibatan ayah, bahkan ayah adalah penanggung jawab pendidikan anak, karena nasab anak pun disandarkan kepada ayah bukan kepada ibu.

Untuk sukses didunia dan diakhirat anak-anak membutuhkan bimbingan dari ayah dan bundanya. Mendidik anak akan terasa lebih ringan jika ayah dan bunda bekerja sama satu visi dan misi: mengantarkan anak bukan hanya ke gerbang wisuda, tapi masuk ke syurga bersama (husnul khotimah).

Diakhir sesi Bapak Agus Salim mengajak para orang tua dan guru untuk selalu menyempurnakan ikhtiar mendidik anak dengan doa.

Dan kegiatan Ta’lim, Sharing dan Parenting ini di tutup dengan doa yang dipimpin dengan khusyu oleh Bapak Ust.Taufiq Husein, M.Pd.I ( guru Mts Negeri 2 Jakarta)

” Ya Allah Jadikanlah siswa-siswi MTs Negeri 2 Jakarta menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah”

Related Posts

Pelepasan

Pelepasan

PELEPASAN ASN GURU PURNABAKTI DAN PINDAH TUGAS Dalam kehidupan ada pertemuan pasti juga akan ada perpisahan. Dan perpisahan telah...

read more

Leave a Comment

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

error: Content Is Protected !!